Pengertian Budaya Adalah : Arti Budaya Menurut Para Ahli, Fungsi dan Komponen Budaya, dan Contoh Kebudayaan Indonesia yang Mendunia

Arti Budaya Adalah

Apa itu budaya? Apa fungsi dan komponen budaya? Apa saja kebudayaan Indonesia yang dikenal dunia? Untuk lebih memahami mengenai definisi budaya,mari kita baca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Budaya

Membahas budaya yang dimiliki bangsa Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Sebab Indonesia memiliki keberagaman budaya, etnis dan bahasa.

Kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu budhayah yang merupakan bentuk jamak dari buddhi dengan arti budi atau akal. Sedangkan dalam bahasa Inggris budaya dikenal dengan kata culture, yang berasal dari bahasa latin yaitu colore yang berarti mengolah atau mengerjakan.

Istilah culture juga digunakan dalam bahasa Indonesia dengan kata serapan, yaitu "kultur". Budaya berhubungan dengan budi dan akal manusia, atau merupakan pola atau cara hidup yang terus berkembang oleh sekelompok orang dan diturunkan pada generasi berikutnya.

Baca Juga : Pengertian Bangsa

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mendefinisikan arti budaya menurut pemahaman dan ilmu mereka masing-masing. Di bawah ini adalah beberapa definisi budaya, menurut pandangan para ahli, diantaranya :

1. E.B. Taylor

Menurut E.B Taylor pengertian budaya adalah sebuah hal kompleks yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lainnya, yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Clyde Kluckhohn dan William Henderson Kelly

Menurut Kluckhohn dan Kelly, pengertian budaya adalah semua rancangan hidup yang diciptakan secara historis baik secara eksplisit, implisit, rasional dan irasional, yang ada pada waktu tertentu sebagai panduan potensial dalam perilaku manusia.

3. Geert Hofstede

Menurut Geert Hofstede, budaya adalah pemrograman kolektif pikiran yang membedakan anggota dari satu kategori orang dari yang lain.

4.Ralph Linton

Menurut Ralph Linton, pengertian budaya adalah susunan perilaku yang dipelajari dan hasil perilaku yang elemen komponennya dibagi dan ditularkan oleh anggota masyarakat tertentu.

Baca Juga : Bhinneka Tunggal Ika

Fungsi Budaya

Fungsi kebudayaan adalah penerapan nyata dari berbagai kesepakatan bersama yang telah menjadi acuan hidup suatu kaum. Budaya dapat mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap dalam menghadapi suatu masalah maupun fenomena sosial lainnya.

Jika dilihat secara umum, kebudayaan dapat berfungsi sebagai :

  • Pedoman dalam berhubungan antar manusia atau kelompok.
  • Wadah dalam menyalurkan perasaan dan renungan kehidupan lainnya.
  • Pedoman kehidupan manusia secara umum, baik individu maupun kelompok.
  • Pembeda antara manusia sebagai mahluk mulia (berakal budi) dengan mahluk lainnya seperti binatang.
  • Panduan atau acuan kehidupan yang bisa dilakukan oleh generasi berikutnya.

Komponen Budaya

Budaya dapat dibagi atau dibedakan menjadi tiga komponen, yaitu gagasan, aktivitas, dan artefak, berikut ini adalah penjelasannya :

1. Gagasan

Gagasan bisa disebut juga sebagai wujud ideal kebudayaan, yaitu kumpulan ide-ide, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan, yang bersifat abstrak dan awalnya tidak memiliki fisik.

Gagasan berasal dari pemilikiran warga masyarakat, yang disampaikan, lalu akhirnya dibuat dalam bentuk tulisan, mana kala gagasan tersebut sudah dianggap ideal bagi kehidupan warga masyarakat.

2. Tindakan

Tindakan adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat, atau disebut juga dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terbentuk dari interaksi antar manusia, yang akhirnya membentuk pola tertentu berdasarkan perilaku masyarakat.

3. Artefak

Artefak atau karya adalah wujud kebudayaan fisik yang merupakan hasil dari implementasi gagasan dan tindakan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari.

Artefak adalah benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan, dan bersifat paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Gagasan akan selalu mempengaruhi tindakan dan karya yang yang ada dalam sebuah lingkungan masyarakat.

Kebudayaan Indonesia yang Mendunia

Indonesia adalah negeri yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, yang dapat menarik perhatian banyak negara di dunia. Ragam budaya yang ada di Indonesia ini adalah salah satu warisan para leluhur bangsa.

Di bawah ini adalah beberapa kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia, diantaranya :

1. Kesenian Wayang Kulit

Kesenian Wayang Kulit Adalah

Wayang Kulit adalah budaya Indonesia pertama yang go internasional dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Wayang adalah pertunjukan seni yang digemari masyarakat, salah satu alasannya karena ceritanya yang mengajarkan banyak nilai-nilai kehidupan.

2. Kesenian Tari Saman Aceh

Kesenian Tari Saman Aceh Adalah

Tari Saman juga tercatat sebagai salah satu warisan dunia, dan mendapat cukup banyak sorotan dari media internasional. Tari saman memiliki nama asli surang-saring-linggang yang berasal dari bahasa Suku Gayo.

Syairnya adalah perpaduan dari bahasa Gayo dan Arab, dan menurut cerita yang berkembang, tari Saman pertama kali dibentuk oleh Syekh Saman dari Suku Gayo, oleh sebab itulah tarian ini disebut sebagai tari Saman.

3. Batik Indonesia

Kesenian Batik Indonesia

Salah satu budaya Indonesia lainnya yang sangat menarik perhatian masyarakat dunia adalah batik. Dan tidak sedikit tokoh terkenal dunia hingga orang penting mengenakan busana dengan motif batik untuk acara penting.

Batik memiliki ciri khas dan motif beragam yang memiliki arti tertentu. Batik juga telah dicatat oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

4. Senjata Tradisional Keris

Senjata Tradisional Keris

Budaya Indonesia lainnya yang terdaftar sebagai warisan dunia yang diakui oleh UNESCO adalah Keris. Keris adalah senjata tradisional yang berasal dari tanah Jawa. 

Seiring perkembangan, Keris beralih fungsi dari senjata perang menjadi sekadar alat kolektor dan aksesoris. Biasanya Keris digunakan sebagai aksesoris pelengkap busana pernikahan khas Jawa.

Keris saat ini dianggap menjadi barang antik oleh para kolektor sejarah maupun seni. Pada zaman dahulu para pembuat Keris sangat dihormati, dan biasanya disapa dengan panggilan Empu.

Sebetulnya masih ada banyak contoh lainnya kekayaan kebudayaan Indonesia yang dikenal oleh dunia, seperti tari kecak hingga lagu daerah seperti jali-jali dan rasa sayange, namun rasanya tidak akan bisa kita sebutkan semuanya.

Selain itu masih ada Taman Nasional Ujung kulon dan Pulau Komodo, yang juga dicatat oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang patut dibanggakan dan wajib untuk dilestarikan.

Dan sudah menjadi bagian dari tugas kita sebagai warga negara, untuk ikut berperan serta dalam pelestarian kebudayaan tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian budaya, fungsi dan komponen budaya, serta kebudayaan Indonesia yang dikenal dunia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel